News

Jokowi masuk 500 muslim berpengaruh di dunia, ini tanggapan Tim Kampanye Nasional

REPORTED BY: Siti Dzakiyyah

Jokowi masuk 500 muslim berpengaruh di dunia, ini tanggapan Tim Kampanye Nasional Presiden Indonesia Joko Widodo.

Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Ace Hasan Syadzily mengatakan masuknya Presiden Joko Widodo atau Jokowi dalam 500 muslim berpengaruh yang diterbitkan oleh Pusat Studi Strategi Islam Kerajaan (The Royal Islamic Strategic Studies Centre/RISSC), merupakan sebuah kebanggaan bagi tim sukses Jokowi. Ace mengatakan Jokowi bertengger di posisi 16 dalam deretan tokoh yang masuk sebagai 500 muslim berpengaruh di dunia.

 

"Ini pengakuan dunia Islam kepada Pak Jokowi. Lembaga yang mengeluarkannya juga bukan institusi sembarangan, Jordan National Library. Menempatkan Pak Jokowi sebagai tokoh muslim berpengaruh di posisi 16 merupakan kebanggaan bagi kita," kata Ace saat dihubungi wartawan, Sabtu (20/10/2018).

 

Ace menyebutkan selama ini Jokowi selalu berkomitmen mewujudkan kesejahteraan rakyat di negara muslim terbesar di dunia yakni Indonesia.

 

"Pengakuan dunia muslim terhadap sepak terjang Pak Jokowi yang memiliki komitmen kuat terhadap upaya mewujudkan kesejahteraan rakyat di negara muslim terbesar di dunia, yaitu Indonesia," ujarnya.

 

Tak hanya itu, Ketua DPP Golkar ini juga mengatakan Jokowi memang bukan ahli agama. Namun, Ia berjuang dan berkonstribusi untuk mengatasi ketertinggalan ekonomi dimana mayoritas penduduknya muslim.

 

"Perjuangannya untuk mengatasi ketertinggalan ekonomi di Indonesia yang mayoritas penduduknya muslim menunjukan kontribusinya terhadap kemajuan Islam tanpa terjebak ke dalam identitas simbolik," pungkasnya.

 

Sebelumnya, buku The 500 Muslim menyebutkan 500 tokoh-tokoh muslim dari penjuru dunia yang paling berpengaruh di dunia. The 500 Muslim diterbitkan oleh Pusat Studi Strategi Islam Kerajaan (The Royal Islamic Strategic Studies Centre/RISSC), lembaga riset independen yang terafiliasi dengan Institut Aal Al Bayt Kerajaan untuk Pemikiran Islam, yang bermarkas di Amman, Yordania.

 

Dalam buku tersebut, ada 13 kategori yang disertakan secara keseluruhan yakni bidang politik, administrasi hubungan keagamaan, pengkhotbah dan pemimpin spiritual, filantropi, isu sosial, sains dan teknologi, seni dan budaya, pembacaan Alquran, media, selebritas dan bintang olahraga, serta ekstremisme.

 

Dalam The 500 Muslim, Presiden Indonesia Joko Widodo bertengger di posisi 16. Tak hanya Jokowi, beberapa tokoh-tokoh muslim Asia Tenggara juga ikut masuk dalam deretan tokoh muslim yang paling berpengaruh di dunia yakni Presiden Singapura, Halimah Yacob; Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohamad.

 

Tak ketinggalan, warga negara Indonesia yang turut masuk dalam daftar 500 muslim Tahun 2019 adalah Ketua Umum PBNU, Said Aqil Siradj (urutan ke-20) dan Ketua Umum MUI Jawa Tengah, Habib Luthfi Yahya (urutan ke-37).

Fahri Hamzah prihatin dengan kubu Prabowo
Ingin selamat, Parpol lain bisa tiru Demokrat
Kubu Jokowi: kita tak terjebak diksi kubu sebelah
Perindo nilai sosok Jokowi tak identik dengan PDIP
Parlemen Eropa minta AS batasi ekspor senjata ke Arab Saudi demi HAM
Ini kata Bamsoet soal humas Polri
Fahri Hamzah komentari seleksi CPNS di timur Indonesia yang rumit dan panjang
Archandra beber strategi jual blok migas Indonesia
Agus Santoso sudah pensiun jauh sebelum tragedi Lion Air JT 610
Mengingat 3 horor perkosaan di Indonesia
Agung Laksono nilai dukungan Soetrisno Bachir dongkrak suara Jokowi
Popularitas Habieb Rizieq turun, Golkar: masyarakat ingin kelembutan
TKN: Ustad Abdul Somad tak berpihak pada Prabowo
Demokrat ke Prabowo-Sandi: Apa yang menjadi janji harus ditepati
Fahri Hamzah: Pilpres lebih banyak perang gimmick, rakyat lapar bos
Fetching news ...