IHSG siap melaju naik karena sentimen eksternal

REPORTED BY: Insan Praditya

IHSG siap melaju naik karena sentimen eksternal Ilustrasi pasar saham

Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) hari ini siap melaju dan bermain di atas level resisten 6.500, hal ini akibat sentimen eksternal yakni data ekonomi Cina dan perang dagang dengan AS. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) kemarin mampu bertahan di zona hijau dengan penguatan 0,04 persen ke level 6.450.

"Kami melihat secara teknikal, pola kenaikan pada IHSG masih on the track menuju di atas level 6.500, meski mengalami goncangan akibat tekanan jual," ujar Analis Senior PT KGI Sekuritas Indonesia, Yuganur Wijanarko, di Jakarta, Selasa (22/01/2019).

Sementara itu, Fund Manager Valbury Sekuritas Suryo Narpati menjelaskan, perdagangan hari ini lebih didominasi sentimen eksternal. Rilis data ekonomi China dan Amerika Serikat (AS) mempengaruhi pola IHSG pada hari ini.

"Katalis pasar dalam pekan ini banyak dipengaruhi oleh rilis data ekonomi eksternal terutama AS dan Cina serta negara lainnya. Sementara itu sentimen berupa data ekonomi dari dalam negeri dan perhelatan demokrasi dalam nuansa damai diperkirakan memberikan topangan bagi IHSG bergerak ke teritorial positif," ujarnya di Jakarta, Selasa (22/01/2019).

Sementara itu, untuk perang dagang AS-Cina diperkirakan investor masih cukup optimistis terkait perundingan dagang antar kedua negara tersebut. Kendati begitu, menurut Analis Reliance Sekuritas Lanjar Nafi pelemahan IHSG secara teknikal tak dapat dihindari.

"Investor masih confident dalam putaran perundingan perdagangan AS-Cina pada akhir bulan dan beberapa data di Tiongkok yang memangkas kekhawatiran pada perlambatan ekonomi disana," imbuhnya.

Soal Freeport, Jokowi tak takut pada siapapun demi rakyat
Jokowi bantah serang Prabowo terkait ratusan ribu hektar lahan
Prabowo akan pisahkan kementerian lingkungan hidup dan kehutanan bila jadi presiden
KGI Sekuritas: IHSG berpotensi menguat
Ada ledakan di arena debat capres, polisi lakukan penyelidikan
Erick Thohir: Jokowi akan beri solusi, bukan hanya janji
Fahri Hamzah harap Prabowo lebih agresif tanyakan janji Jokowi
Heboh, pendukung saling adu yel-yel menjelang debat
Demokrat: SBY tak lagi berpolitik
Sandiaga tak datang ke debat capres, ini penjelasan kubu Prabowo
Ganjar Pranowo datang di debat capres sebagai tokoh masyarakat
KPU tambah kuota tamu undangan untuk debat capres
Mantan bintang porno ini jadi caleg
JARI 98 jadi saksi dukungan warga Tangerang Selatan kepada Jokowi
Rizal Ramli sebut mobil Esemka alat politik Jokowi
Fetching news ...