Komnas sebut sikap posesif pemicu hubungan tak sehat

REPORTED BY: Dhuha Hadiansyah

Komnas sebut sikap posesif pemicu hubungan tak sehat

Komisioner Komnas Perempuan, Mariana Amiruddin mengatakan sikap posesif adalah salah satu sikap yang memperparah hubungan, baik itu dalam status berpacaran dan suami istri. Ia mengatakan perlu cara berpikir yang sehat dalam sebuah hubungan, walaupun hal itu sedikit sulit dilakukan.

"Kalau posesif itu sikap yang buruk ya, biasanya memperparah hubungan memang. Jadi, dalam sebuah hubungan itu perlu cara berpikir yang sehat, saling percaya tapi terkadang susah, ya, kita kan jarang terbuka satu sama lain," kata Mariana saat dihubungi Rimanews di Jakarta, Rabu (05/12/2018).

Mariana mengatakan pertengkaran dalam setiap hubungan pacaran atau suami istri adalah hal yang wajar. Ia mengatakan yang paling berbahaya adalah jika masalah atau pertengkaran itu tidak dapat diselesaikan oleh kedua pihak, sehingga keduanya merasa tersakiti.

"Biasanya kalau tidak ada penyelesaian dari keduanya terus salah satunya disakiti, tersakiti atau dua-duanya baru itu bisa disebut hubungan yang tidak sehat," ujarnya.

Selanjutnya, Mariana mengatakan dalam setiap hubungan paling penting tidak melakukan kekerasan misalnya dirugikan fisik dan mentalnya. Ia mengatakan dalam sebuah hubungan seseorang harus siap mental jika terjadi kekerasan.

"Kekerasan itu seperti yang sudah dijelaskan membuat seseorang dirugikan bahkan celaka secara fisik dan mental secara psikis dan materi bahkan ada yang mau bunuh diri, ada yang dibunuh juga. Jadi, intinya kalau mau hubungan harus siapkan mentalnya, untuk tidak terjadi perilaku kekerasan," pungkasnya.

Kubu Prabowo nilai jargon wong cilik Jokowi hanya untuk komoditas politik
KPU harap anggaran pemilu dapat digunakan mulai Januari 2019
Demokrat nilai tuduhan Wiranto terkait oknum perusak salah dan terburu-buru
Farhat Abbas minta PSI dikeluarkan dari Tim Kampanye Nasional
PPP: Yang kaget kotak suara kardus mungkin tak hadir rapat
Rusia perkuat pasukan rudal dengan ratusan senjata baru
Mobile Legends rilis karakter hero baru
BRI beberkan dua cara hadapi fintech
Pelemahan rupiah dan sentimen dagang AS halangi pergerakan IHSG
Tiga permohonan maaf La Nyala ke Jokowi
Nasdem klaim TGB bergabung
PKB siap sumbang kubu Jokowi 25 juta suara
Ini kritik PDIP terhadap Kubu Jokowi
PKB akui Ma'ruf Amin benteng Jokowi dari tuduhan anti-Islam
Suku Yei Papua sambut “kado Natal” dari prajurit TNI
Fetching news ...