Fadli Zon: Tjahjo sebaiknya mundur jika tak bisa urus e-KTP

REPORTED BY: Insan Praditya

Fadli Zon: Tjahjo sebaiknya mundur jika tak bisa urus e-KTP Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon

Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon menyarankan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengundurkan diri dari jabatannya, karena tak bisa menyelesaikan kasus KTP elektronik yang sering tercecer. Ia mengatakan kasus KTP elektronik sudah kelewatan, Ia menilai Tjahjo tak bisa menyelesaikan hal dasar seperti pengurusan KTP elektronik.

"Saya kira saudara Tjahjo Kumolo sebaiknya mengundurkan diri aja. Ini enggak becus mengurus masalah e-KTP, mengurus DPT dan juga mengurus data-data kependudukan, ini masalah-masalah basic kok, selama empat tahun ini ngapain aja gitu loh," kata Fadli saat ditemui wartawan di kompleks parlemen, Jakarta, Selasa (11/12/2018).

Fadli mengatakan perlu evaluasi total terkait pengadaan KTP elektronik, sehingga data kependudukan itu menjadi nomor indentitas tunggal. Ia mengatakan harus ada proteksi dari pemerintah supaya pihak asing tidak menguasai data kependudukan masyarakat Indonesia.

"Semuanya ada di situ dan ada proteksi dong, Tidak boleh ada pihak asing atau swasta menguasai data penduduk kita. Ini bisa disalahgunakan, untuk keperluan usaha, keperluan bisnis, untuk penipuan termasuk untuk politik," ujarnya.

Fadli mengatakan jika kasus KTP elektronik itu murni tindak kejahatan, tentu tanggung jawab data kependudukan ada ditangan Kementerian Dalam Negeri. Ia mengatakan Kemendagri dan Dirjen Dukcapil dalam menangani hal ini tidak becus.

"Tanggungjawab siapa? Ya yang bertanggung jawab itu sudah pasti di Kemendagri. Pentolannya ya Mendagri di bawahnya Dirjen Dukcapil, ya dua-duanya menurut saya enggak becus, jelas kok itu," tegasnya.

Selanjutnya, Fadli mengatakan tudingan Tjahjo ada motif politik dibalik kasus KTP elektronik tercecer, harus dibuktikan. Ia juga mengingatkan supaya kejadian KTP tercecer tidak terulang lagi.

"Ya mau pihak tertentu mau pihak mana ya buktikan dong, kalau kejadian berulang-ulang itu keledai aja nggak sampai dua kali masuk ke lubang. Ini berkali-kali berkarung-karung itu tercecer dimana-mana," pungkasnya.

https://www.youtube.com/watch?v=ZDvZ-QBnsFI&t=5s

PDIP: Pembebasan Abu Bakar Ba'asyir tidak politis
PAN dukung pemerintah soal penundaan pembebasan Ba'asyir
MenpanRB akan pecat 300 PNS
GRANAT serukan Pemilu damai bebas Narkoba
Lebih dari 1000 PNS korupsi belum dipecat, ada apa?
Fahri Hamzah minta pemerintah tuntaskan hak keluarga korban kecelakaan Lion Air
Fadli Zon ragukan Najwa Shihab dan Tommy Tjokro jadi moderator debat
Kubu Jokowi curigai hasil survei Median
Calon pemimpin penyebar hoaks jangan dipilih
PKS harap pemerintah tak politisasi pembebasan Abu Bakar Ba'asyir
Fadli Zon optimistis Prabowo lampaui elektabilitas Jokowi
Bamsoet imbau TNI-Polri netral dalam pemilu
IHSG siap melaju naik karena sentimen eksternal
DPR apresiasi mundurnya Edy dari ketua umum PSSI
Ahok bebas, apa pengaruhnya pada Pilpres?
Fetching news ...