Amerika siap perang dingin dengan Cina

REPORTED BY: Insan Praditya

Amerika siap perang dingin dengan Cina Wakil Presiden AS, Mike Pence

Wakil Presiden Amerika Serikat, Mike Pence menyatakan siap untuk Perang Dingin dengan China. Hal itu diutarakan Pence selama penerbangan di Pesawat Air Force Two ke Asia. Menurut Pence, hal itu bisa dihindari jika Beijing tunduk pada semua tuntutan Washington

Pence mengharapkan Beijing untuk melakukan perubahan dramatis dalam semua kebijakannya untuk mengakomodasi tuntutan Washington. Menurut Pence, AS sedang dipersiapkan untuk permusuhan yang berkepanjangan dengan China. Pernyataan Pence tersebut dituliskan dalam opini di Washington Post oleh jurnalis Josh Rogin.

Washington menginginkan Beijing untuk menawarkan konsesi pada berbagai masalah, mulai dari perlindungan hak kekayaan intelektual hingga klaim teritorial di Laut China Selatan.

"Jika Washington tidak puas, akan menjadi Perang Dingin habis-habisan," tulis Rogin memuat pernyataan Pence dalam artikelnya

Pence menyatakan sikap akhir Washington akan bergantung pada KTT G-20 di Argentina pada 30 November mendatang, di mana Presiden Donald Trump akan bertemu dengan Presiden Xi Jinping.

"Saya pikir banyak hal akan bergantung di Argentina," kata Pence.

"Jika China gagal secara mendasar mengubah perilakunya, Beijing akan menghadapi Perang Dingin habis-habisan dengan Washington dan mitranya," ujar Pence, Rabu (14/11/2018).

"Trump meninggalkan pintu terbuka untuk kesepakatan dengan Xi Jinping di Argentina, tetapi hanya jika Beijing bersedia melakukan perubahan besar yang dituntut Amerika Serikat dalam kegiatan ekonomi, militer dan politik. Ini adalah yang terbaik di China (jika bukan yang terakhir) kesempatan untuk menghindari skenario Perang Dingin dengan Amerika Serikat," papar Pence.

Pence mengatakan AS dalam posisi yang kuat untuk potensi eskalasi perang dagang yang telah dilepaskan China. Dia menambahkan bahwa AS tidak berniat menyerahkan pengaruhnya di Asia kepada China dan tidak akan mundur jika Beijing memilih melanjutkan kebijakannya saat ini.

"Kalau begitu, baiklah," kata Pence. "Kami di sini untuk tinggal," ujarnya.

Washington telah meningkatkan tekanan terhadap Beijing dalam beberapa tahun terakhir mengenakan tarif atas produk-produk China dan belakangan ini menuduh China ikut campur dalam politik domestik AS. Sedangkan Beijing tidak memiliki niat untuk menyerah.

Kubu Prabowo nilai jargon wong cilik Jokowi hanya untuk komoditas politik
KPU harap anggaran pemilu dapat digunakan mulai Januari 2019
Demokrat nilai tuduhan Wiranto terkait oknum perusak salah dan terburu-buru
Farhat Abbas minta PSI dikeluarkan dari Tim Kampanye Nasional
PPP: Yang kaget kotak suara kardus mungkin tak hadir rapat
Rusia perkuat pasukan rudal dengan ratusan senjata baru
Mobile Legends rilis karakter hero baru
BRI beberkan dua cara hadapi fintech
Pelemahan rupiah dan sentimen dagang AS halangi pergerakan IHSG
Tiga permohonan maaf La Nyala ke Jokowi
Nasdem klaim TGB bergabung
PKB siap sumbang kubu Jokowi 25 juta suara
Ini kritik PDIP terhadap Kubu Jokowi
PKB akui Ma'ruf Amin benteng Jokowi dari tuduhan anti-Islam
Suku Yei Papua sambut “kado Natal” dari prajurit TNI
Fetching news ...