BNPP tutup pencarian Lion Air JT 610

REPORTED BY: Insan Praditya

BNPP tutup pencarian Lion Air JT 610 Pesawat Lion Air

Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BNPP) Marsdya Muhammad Syaugi resmi menutup operasi SAR kecelakaaan pesawat Lion Air PK-LQP dengan nomor penerbangan JT-610 pada Sabtu (10/11/2018) siang. Menurut Syaugi, operasi ini ditutup secara terpusat. Namun, operasi penyelamatan tetap akan dilanjutkan oleh kantor SAR Jakarta dan Bandung.

Syaugi menjelaskan, operasi ditutup karena tim sudah tidak lagi menemukan korban. Kata dia, penutupan operasi ini juga sudah berdasarkan masukan dari berbagai pihak, dan dari data-data faktual yang ada di lapangan.

"Tolak ukur operasi SAR adalah korban. Namun, sejak siang kemarin, Jumat (09/11/2018) hingga siang ini, tim SAR sudah tidak menemukan korban lagi. Karena itulah, operasi SAR secara terpusat, saya nyatakan ditutup," kata Syaugi dilansir dari situs resmi BNPP, Jakarta, Sabtu (10/11/2018).

Sebelumnya operasi evakuasi pencarian korban dan puing pesawat Lion Air JT-610 di laut utara Karawang, Jawa Barat, diperpanjang kembali sejak Rabu (07/11/2018).

"Apabila jika dalam sepuluh hari tidak ditemukan, kita akan cari terus sampai dimana itu, karena ini merupakan saudara kita, sehingga kita harus all-out," tegasnya.

Penambahan masa evakuasi ini, kata Syaugi, karena pihaknya melihat masih ada potensi korban yang mungkin bisa ditemukan.

Syaugi menyatakan pihaknya akan memperpanjang masa evakuasi apabila korban masih mungkin ditemukan. Jika dalam masa perpanjangan kedua korban masih bisa ditemukan, dia mengatakan tak menutup kemungkinan operasi akan diperpanjang lagi

Atas dasar itu, Syaugi mengatakan pencarian akan betul-betul ditutup jika dalam dua hari berturut-turut tak ditemukan lagi korban.

Hingga Jumat malam, total korban penumpang Lion Air JT-601 yang sudah teridentifikasi sebanyak 77 orang, terdiri dari laki-laki 57 orang dan perempuan 20 orang.

Sementara data antemortem yang sudah diterima Rumah Sakit Polri sebanyak 256. Jumlah antemortem yang telah diverifikasi sebanyak 189. Sedangkan data posmortem yang telah diterima sebanyak 194 kantong jenazah, data post mortem DNA sebanyak 626 sampel.

 

Prabowo sentil elit koalisi belum nyumbang, PKS: Kami otomatis bantu
Kubu Prabowo nilai jargon wong cilik Jokowi hanya untuk komoditas politik
KPU harap anggaran pemilu dapat digunakan mulai Januari 2019
Demokrat nilai tuduhan Wiranto terkait oknum perusak salah dan terburu-buru
Farhat Abbas minta PSI dikeluarkan dari Tim Kampanye Nasional
PPP: Yang kaget kotak suara kardus mungkin tak hadir rapat
Rusia perkuat pasukan rudal dengan ratusan senjata baru
Mobile Legends rilis karakter hero baru
BRI beberkan dua cara hadapi fintech
Pelemahan rupiah dan sentimen dagang AS halangi pergerakan IHSG
Tiga permohonan maaf La Nyala ke Jokowi
Nasdem klaim TGB bergabung
PKB siap sumbang kubu Jokowi 25 juta suara
Ini kritik PDIP terhadap Kubu Jokowi
PKB akui Ma'ruf Amin benteng Jokowi dari tuduhan anti-Islam
Fetching news ...