Kiat PDIP kembali menangkan Pemilu

REPORTED BY: Dhuha Hadiansyah

Kiat PDIP kembali menangkan Pemilu Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto (kiri)

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan kunci strategi pemenangan kembali pemilu oleh partai tersebut adalah semangat gotong royong, yang terbukti secara efektif mampu menekan biaya politik dan memperkuat solidaritas kader.

"Dengan semangat gotong royong pula, strategi pemenangan pemilu dilakukan. Dampaknya beban biaya politik calon berhasil ditekan," kata Hasto di Bali, Jumat (23/02/2018).

Hasto mengatakan Rakernas III PDI Perjuangan menegaskan semangat gotong royong sebagai jiwa dan kepribadian bangsa. Menurut dia, melalui semangat gotong royong, maka PDI Perjuangan mampu bertahan menghadapi situasi yang sangat sulit sekalipun.

"Ketika menyampaikan sambutan pada Hari Ulang Tahun PDI Perjuangan ke 45 tanggal 10 Januari 2018, Presiden Joko Widodo menegaskan hanya satu kata yang membuat PDI Perjuangan bisa tetap bertahan yaitu Gotong Royong," ujarnya.

Dia mengatakan gotong royong terjadi karena semangat kolektivitas untuk kepentingan bangsa dan negara. Menurut dia, PDI Perjuangan sebagai partai yang berideologi berdasarkan Pancasila selalu mengedepankan semangat gotong royong.

"Bagi kami berpartai adalah mengabdi pada kepentingan kolektif bangsa, bukan orang perorang. Karena itulah Individualisme tidak mendapat tempat di PDI Perjuangan," katanya.

Dia mengatakan PDI Perjuangan terus menata diri, memerbaiki diri, dan memerhebat kaderisasi kepemimpinan partai, dengan tuntutan terhadap standar moral dan etika yang semakin tinggi.

Menurut dia, kesadaran ideologis terus ditanamkan sehingga kader partai diharapkan dapat menjadi teladan bagi masyarakat tempat dia ditugaskan.

Tentang nomor urut PDIP

Terkait hasil pengundian nomor urut, Hasto sebelumnya menyebut nomor urut tiga yang diperoleh partainya dalam pengundian peserta Pemilu 2019 secara ideologis melambangkan tekad perjuangan bangsa sebagaimana dikatakan Bung Karno guna mewujudkan Indonesia yang berdaulat.

"Angka '3' melambangkan tekad perjuangan bangsa sebagaimana dikatakan Bung Karno untuk mewujudkan Indonesia yang berdaulat di bidang Politik; berdiri di atas kaki sendiri di bidang ekonomi, dan berkepribadian dalam kebudayaan," kata Hasto.

Dia mengatakan Trisakti tersebut juga sbg tujuan dari Nawacita Presiden Joko Widodo sehingga angka tiga penuh dengan suasana kebatinan untuk cita-cita Indonesia Raya.

"Bu Megawati mengingatkan angka 3 tidak hanya simbolisasi salam Metal namun membawa semangat perjuangan kepartaian yang bergerak ke bawah, berada di tengah rakyat, dan pada saat bersamaan Partai menyadari bahwa rakyatlah jiwa dan energi perjuangan kepartaian kita," ujarnya.

Hasto mengatakan salam "Metal" adalah merah total, yaitu salam yang digelorakan oleh anak- anak muda pada Pemilu tahun 1987, para pemuda saat itu, bergerak mendukung PDI sebagai gerakan melawan rejim yang otoriter, yang membungkam demokrasi dengan tangan besi.

Hal itu menurut dia yang sama terjadi, ketika Joko Widodo (Jokowi) dicalonkan sebagai Gubernur DKI Jakarta, yaitu mendapat no 3 sebagai cerminan gerakan rakyat bawah.

"Dengan angka 3 yang penuh dengan sejarah perjuangan bersama rakyat, maka seluruh anggota dan kader partai diminta untuk terus melakukan konsolidasi, memperbaiki hal-hal yang kurang, dan terus bergotong royong turun kebawah bersama rakyat," ujarnya.

Sumber daya alam melimpah di balik ancaman patahan Palu-Koro
Kubu Prabowo tak terpengaruh koalisi Jokowi sudah bentuk tim pemenangan
Ada kandungan babi dan organ manusia, mengapa Vaksin MR boleh digunakan?
Sebagian Muslim ikut lebaran waktu Saudi
Keterlibatan menteri di tim kampanye tanda kesetiaan kepada Jokowi
PKS nilai Jokowi lambat merespons gempa Lombok
Alasan 9 sekjen Koalisi Indonesia Kerja naik moge ke KPU, ikuti tren?
Tim pemenangan Prabowo-Sandi beredar di WhatsApp, ini jawaban Gerindra
PKS desak Jokowi tetapkan status gempa Lombok jadi bencana nasional
Menag tenangkan jemaah haji usai terjangan hujan dan badai pasir
Mardani minta FPI konsisten dukung #2019GantiPresiden
Sinyal Mahfud MD kembali ke pangkuan Prabowo
Ini provinsi yang jadi kekhawatiran kubu Jokowi
Koalisi Indonesia Kerja perkuat tim kampanye
PDIP sebut kampanye terselubung Jokowi di Asian Games hal biasa
Fetching news ...