Ideas Law

Caleg Partai Berkarya digrebek saat selingkuhi perempuan bersuami

REPORTED BY: Insan Praditya

Caleg Partai Berkarya digrebek saat selingkuhi perempuan bersuami Ilustrasi Perselingkuhan

Seorang calon legislatif (caleg) Partai Berkarya, Romie Hartono digrebek saat berselingkuh di dalam kamar kos dengan perempuan yang sudah menikah. Romie diduga menjadi pria idaman lain (PIL).

Kapolsek Depok Timur, Kompol Paridal melalui Panit Reskrim Ipda Bambang Widiatmoko mengatakan jajarannya mendapatkan laporan dari suami Kurnia bernama Sugiarto. Personelnya diminta mendampingi Sugiarto saat penggrebekan.

“Kami mendapat laporan sekitar pukul 03.30 dan mendatangi lokasi pukul 04.45. Lokasinya di Jalan Gambuh, Ganjuran, Manukan, Condongcatur. Saat kami datangi, di dalam kamar ada dua terlapor,” kata Bambang di Mapolsek Depok Timur (10/12/2018).

Dia menuturkan, penggrebekan atas inisiatif Sugiarto. Sugiarto melacak keberadaan istrinya melalui Global Positioning System (GPS) telepon genggam milik istrinya. Saat dilacak, Kurnia ada di Jalan Gambuh, Ganjuran.

Ternyata lokasi tersebut adalah rumah kos. Pelapor bersama saksi Sulistyo, 47, mendatangi Mapolsek Depok Timur. Pelapor juga menghubungi perangkat wilayah setempat untuk penggrebekan.

“Keduanya ada di kamar paling depan dekat pintu utama. Usai penggrebekan, kedua terlapor langsung kami bawa ke Mapolsek,” ujar Bambang.

Kedua terlapor mengaku sudah lama berhubungan. Keduanya pernah duduk di bangku SMP yang sama. Seiring waktu, komunikasi keduanya terjalin kembali.

Hubungan keduanya meningkat tidak hanya sebatas teman. Komunikasi intens terjalin lama. Pasca penggrebekan, polisi menemukan bukti perselingkuhan keduanya. Bahkan disinyalir sudah melakukan hubungan badan.

“Barang bukti yang kami sita saat pengrebekan berupa sprei dan tisu. Dugaan kuat, sempat berhubungan badan,” kata Bambang.

Saat penyusunan laporan, mencuat PIL adalah Caleg Partai Berkarya. Informasi ini diungkapkan pelapor kepada polisi. Dikonfirmasi, Romie Hartono mengakui dirinya Caleg Partai Berkarya Daerah Pemilihan (Dapil) Bantul.

“Terlapor kami kenakan pasal perzinahan Pasal 284 KUHP. Tidak kami tahan, tapi wajib lapor setiap Senin dan Kamis. Untuk laporan tetap kami proses meski salah satu terlapor adalah caleg,” tegas Bambang.

Ketua DPD Partai Berkarya, KRT Murawan Projokusumo telah menerima informasi tersebut. Dia memastikan ada sanksi tegas bagi Romie. Hanya saja, karena penyidikan masih berjalan, pihaknya masih menunggu.

Dia memastikan tidak ada pendampingan hukum kepada calegnya. Apalagi jika terbukti kasus perzinahan terjadi. Langkah ini merupakan konsekuensi atas pelanggaran setiap anggota partai.

Menurut Murawan, Romie melanggar pakta integritas saat bergabung dengan Partai Berkarya. “Sudah jelas, kalau sampai polisi, berarti 60 persen bermasalah. Mekanismenya akan di PAW (pergantian antar waktu) jika dia terpilih 2019. Saat ini tercatat sebagai caleg Dapil Bantul nomor urut satu,” jelas Murawan.

PDIP: Pembebasan Abu Bakar Ba'asyir tidak politis
PAN dukung pemerintah soal penundaan pembebasan Ba'asyir
MenpanRB akan pecat 300 PNS
GRANAT serukan Pemilu damai bebas Narkoba
Lebih dari 1000 PNS korupsi belum dipecat, ada apa?
Fahri Hamzah minta pemerintah tuntaskan hak keluarga korban kecelakaan Lion Air
Fadli Zon ragukan Najwa Shihab dan Tommy Tjokro jadi moderator debat
Kubu Jokowi curigai hasil survei Median
Calon pemimpin penyebar hoaks jangan dipilih
PKS harap pemerintah tak politisasi pembebasan Abu Bakar Ba'asyir
Fadli Zon optimistis Prabowo lampaui elektabilitas Jokowi
Bamsoet imbau TNI-Polri netral dalam pemilu
IHSG siap melaju naik karena sentimen eksternal
DPR apresiasi mundurnya Edy dari ketua umum PSSI
Ahok bebas, apa pengaruhnya pada Pilpres?
Fetching news ...